Friday, September 14, 2018

gerbang-gerbang logika

Gerbang- gerbang Logika

Gerbang logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah.

Gerbang-gerbang logika yang khususnya dipakai di dalam komputer digital, dibuat dalam bentuk IC (Integrated Circuit) yang terdiri atas transistor- transtor.

Gerbang logika dapat mempunyai beberapa masukan yang masing-masing mempunyai salah satu dari dua keadaan logika, yaitu "0" atau "1". macam-macam gerbang logika dasar adalah gerbang OR,AND,NOT. 


  • Gerbang OR diterjemahkan sebagai gerbang-gerbang "ATAU" artinya sebuah gerbang logika yang keluarannya berlogika "1" jika salah satu atau seluruh inputnya berlogika "1" 
  • Gerbang AND merupakan jenis gerbang digital keluaran "1" jika seluruh inputnya "1". Gerbang AND diterjemahkan sebagai gerbang "DAN" artinya sebuah gerbang logika yang keluarannya berlogika"1" jika input A dan input B dan seterusmya berlogika "1"
  • Gerbang NOT adalah jenis rangkaian digital dasar. Gerbang NOT ini disebut "Inverter"(pembalik). Rangkaian ini mempunyai "1" masukan dan "1" keluaran.
  • Gerbang NOR adalah gerbang kombinasi dari gerbang NOT dan gerbang OR
  • Gerbang NAND adalah gerbang kombinasai dari gerbang NOT dan AND
  • Gerbang X-OR (Exclusive-or) akan memberikan keluaran 1 jika kedua masukannya mempunyai keadaan yang berbeda
  • Gerbang X-NOR adalah dibentuk dari kombinasi gerbang OR dan gerbang NOT yang merupakan inversinya atau lawan x-or, sehingga dapat juga dibentuk dengan gerbang NOT

No comments:

Post a Comment

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...