Wednesday, January 23, 2019

SISTEM KOMPUTER

1. Apa yang dimaksud dengan mikrokontroler ?
2. Jelaskan apa saja yang termasuk arsitektur dan organisasi komputer !
3. Sebutkan struktur dan fungsi sistem komputer !
4. Apakah yang dimaksud dengan Sram, eeprom, dan sreg pada mikrokontroler ?
5. Buatlah skema rangkaian elektronika !


1. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan   umumnya dapat menyimpan program didalamnya











2. Arsitektur adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, Ram, Rom, cakram keras, dll. Contoh dari arsitektur komputer adalah Arsitektur von neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

  Organisai komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam meralisasikan aspek arsitekturalnya. contoh aspek  organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.


3. - Central processing unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat   pengolahan fungsi-fungsi komputer. kesepakatan, cpu cukup disebut sebagai processor saja.

   - Control Unit, berfungsi sebagai mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara     keseluruhan

   - Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU

   - CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.

   - I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.

   - Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data

   - System interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O

   - Arithmetic and logic unit , berfungsi untuk membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer.


   fungsinya dasar sistem komputer

 - fungsi operasi pemindahan data
 - fungsi operasi penyimpanan data
 - fungsi operasi pengolahan data
 - fungsi opersai kontrol


4.-Static Random Memory Access ( SRAM )
     Sel-sel memory pada Sram pada dasarnya adalah sejumlah flip-flop yang akan tetap pada suatu keadaan yang diberikan (menyimpan bit ) secara permanen, selama satu daya yang diberikan tidak terputus. Setiap sel pada SRAM terdapat sebuah flip-flop yang menyimpan 1 atau 0 selama ada suplai daya. Memory SRAM tersedia dalam teknologi bipolar, MOS dan BICMOS.

  - Electrically Erasable Programmable Read Only Memory ( EEPROM )
     EEPROM adalah sejenis chip memori tidak terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan, seperti tabel kalibrasi atau konfigurasi perangkat.

  - Status register ( SREG )
     Sreg adalah register berisi status yang dihasilkan pada setiap operasi yang dilakukan ketika suatu intruksi dieksekusi. Sreg merupakan bagian dari inti CPU mikrokontroler. SREG merupakan bagian dari inti CPU mikrokontroler.


5.




No comments:

Post a Comment

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...