Sunday, February 17, 2019

Definisi Array dan Penyimpanan Memory


  • Definisi Array (Larik) Adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (memiliki data tipe yang sama). Hal ini berbeda dengan variabel biasa yang hanya mampu menampung satu buah nilai. Setiap nilai yang disimpan di dalam array disebut dengan elemen array, sedangkannilai urut yang digunakan untuk mengakses elemennya disebut dengan indeks array. 


Image result for array

Sama seperti variabel lain, array juga dideklarasikan di dalam bagian deklarasi variabel. Bila akan didefinisikan sebagai tipe bentukan, maka array juga akan dideklarasikan di bagian definisi tipe (di bawah kata kunci type). Dalam bahasa Pascal, pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array dan tipe data yang akan disimpan di dalamnya, selai itu juga harus disertai dengan batas-batas indeksnya yang diapit oleh tanda bracket ([ ]). Berikut ini bentuk umum pendeklarasian array.

 Mengakses Elemen Array
Setelah mengetahui cara pendeklarasian array, selanjutnya kita harus mengetahui bagaimana cara untuk memanipulasi array tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisikan nilai ke dalam elemen-elemen array bersangkutan.




  • Penyimpanan Pada Memori
Array dapat digunakan untuk menyimpan data yang cukup banyak namun memiliki type yang sama,Bagaimana array melakukan penyimpanan datanya dimemori komputer? Illustrasi array satu dimensi. 

Contoh: Pada memori komputer adalah sebagai berikut:Array menyimpan data secara berurutan pada memory komputer.Sekali array dideklerasikan,maka akan di alokasikan sejumlah tempat di memory komputer yang selal letaknya berdekatan.Array memiliki indeks dan nilai data itu sendiri.Sedangkan jarak antar elemen padaaray disesuaikan dengan lebar data untuk masing-masing tipe data array.



https://keeptamvan.blogspot.com/2015/09/array-dalam-stuktur-data-pemograman.html






No comments:

Post a Comment

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...