Wednesday, February 20, 2019

Pengertian Tentang Peripheral Eksternal

Pengertian peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
 1. Peripheral utama (main peripheral)
    Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh   peripheral        utama       yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
 2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
      Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan   untuk   kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.


Image result for peripheral eksternal pada sistem komputer






  • Peripheral input




- Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

- Mouse
  Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer   atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan   keyboard.

- Touchpad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan   menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain   touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

-Light Pen
   Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar   dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke   komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal   elektronik setiap baris per detik.

-Joy Stick dan Games Paddle
   Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat,   sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi   dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

-Barcode
  Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu   kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam   bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman,   alat elektronik dan buku.

-Scanner
   Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks   yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan   dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya   adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat   ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau   modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.   Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar   jawaban komputer.

-Mikropon dan Headphone
  Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam   memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara   ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating

-Graphics Pads
  Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin     mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input   masukan untuk menggambar objek pada monitor.



  •  Peripheral Output



a. Monitor
   Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses   oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada user.
 Secara umum, monitor terdiri atas dua jenis yaitu LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT   Monitor (Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD karena   memiliki radiasi sinar yang lebih rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan CRT.

b. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data pada dokumen yang biasanya berupa kertas. Printer sekarang, bukan hanya sebagai penetak dokumen saja, namun sudah dilengkapi dengan scanner dan alat lain seperti card leader, LAN an sebagainya. Printer terdiri atas beberapa jenis yaitu Buble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari sekalian jenis printer tersebut yang memiliki kecepatan cetak paling tinggi adalah Laser Jet yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”.

c. Plotter
   Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer   yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka   pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak   menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk   membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

d. Speaker
   Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa   suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses   berupa suara dari komputer.Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk   mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar   bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.Speaker adalah peralatan output pada   komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung   dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.




Sumber :http://setyo2511.blogspot.com/2016/08/perangkat-bysetiyo-budi-pengertian.html

No comments:

Post a Comment

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...