1. apakah yang dimaksud dengan aplikasi ?
2. apakah yang dimaksud dengan software ?
3. apakah hubungannya software dan aplikasi ?
4. bagaimanakah cara membuat aplikasi ?
5. apakah software dan aplikasi berhubungan dengan program & pemrograman ? Jelaskan.
Jawab.
1. aplikasi adalah suatu perangkat lunak komputer yang punya kemampuan komputer langsung buat membuat suatu tugas yang diinginkan pengguna.
2. software adalah istilah khusus buat data yang di format, disimpan dengan cara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan bermacam informasi yang bisa dibaca.
3. Aplikasi punya bagian software untuk menjalankan aplikasi, jadi software dan aplikasi berhubungan satu sama lain.
4. membuat aplikasi mempunyai cara yaitu,
- Merancang interface terlebih dahulu
- Tulis kode program nya
- Menggabungkan kode program
- Membangun program
5. saling berhubungan, karena program adalah software yang dibuat seseorang, sedangkan pemrograman adalah cara-cara nya yang untuk membuat program
Monday, April 29, 2019
Wednesday, April 17, 2019
Komputer Dan Jaringan Dasar
1. apakah yang dimaksud dengan Telnet ?
2. apakah yang dimaksud SSH ?
3. jelaskan kelebihan dan kekurangan TCP/IP ?
4. sebutkan protocol apa saja yang ada pada osi layer ?
5. Bagaimanakah implementasi pada protocol OSI ?
6. sebutkan perbedaan antara dengan http dengan https ?
jawab :
1. Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
2. SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman
3. Kelebihan :
1.Memiliki mekanisme pengiriman data yang handal dan efisien.
2. Bersifat open platform atau platform independent yaitu tidak terikat oleh jenis perangkat keras atau perangkat lunak tertentu.
3. Karena sifatnya yang terbuka, TCP/IP bisa mengirimkan data antara sistem-sistem komputer yang berbeda yang menjalankan pada sistem-sistem operasi yang berbeda pula.
4. TCP/IP terpisah dari perangkat keras yang mendasarinya. Protokol ini dapat dijalankan pada jaringan Ethernet, Token ring, X.25, dan bahkan melalui sambungan telepon.
Kekurangan :
1. Jika mengirimkan data yang kecil akan kerepotan karena harus handshaking dulu,sehingga lebih lambat daripada UDP.
2. Tidak bisa broadcast, soalnya TCP ini sifatnya one to one, jadi ya kalau mau kirim satu-satu gitu.
4. - Application
- Presentation
- Session
- Transport
- Network
- Data Link
- physical
5. Tujuh lapisan memberikan layanan kepada lapisan yang berada diatasnya.Misal lapisan 1 memberi layanan terhadap lapisan 2.Masing-masing lapisan memiliki protokol.Protokol adalah aturan suatu "percakapan"yang dapat dilakukan.Protokol mendefinisikan format,urutan pesan yang dikirim dan diterima antar sistem pada jaringan dan melakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan.OSI atau open system interconnection hadir sebagai model arsitektur yang dikembangkan oleh ISO.
6. Perbedaannya
1. Keamanan data yang dikirimkan
HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:
Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).
2. Port yang digunakan
Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.
3.Kebutuhan SSL
Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.
2. apakah yang dimaksud SSH ?
3. jelaskan kelebihan dan kekurangan TCP/IP ?
4. sebutkan protocol apa saja yang ada pada osi layer ?
5. Bagaimanakah implementasi pada protocol OSI ?
6. sebutkan perbedaan antara dengan http dengan https ?
jawab :
1. Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
2. SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman
3. Kelebihan :
1.Memiliki mekanisme pengiriman data yang handal dan efisien.
2. Bersifat open platform atau platform independent yaitu tidak terikat oleh jenis perangkat keras atau perangkat lunak tertentu.
3. Karena sifatnya yang terbuka, TCP/IP bisa mengirimkan data antara sistem-sistem komputer yang berbeda yang menjalankan pada sistem-sistem operasi yang berbeda pula.
4. TCP/IP terpisah dari perangkat keras yang mendasarinya. Protokol ini dapat dijalankan pada jaringan Ethernet, Token ring, X.25, dan bahkan melalui sambungan telepon.
Kekurangan :
1. Jika mengirimkan data yang kecil akan kerepotan karena harus handshaking dulu,sehingga lebih lambat daripada UDP.
2. Tidak bisa broadcast, soalnya TCP ini sifatnya one to one, jadi ya kalau mau kirim satu-satu gitu.
4. - Application
- Presentation
- Session
- Transport
- Network
- Data Link
- physical
5. Tujuh lapisan memberikan layanan kepada lapisan yang berada diatasnya.Misal lapisan 1 memberi layanan terhadap lapisan 2.Masing-masing lapisan memiliki protokol.Protokol adalah aturan suatu "percakapan"yang dapat dilakukan.Protokol mendefinisikan format,urutan pesan yang dikirim dan diterima antar sistem pada jaringan dan melakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan.OSI atau open system interconnection hadir sebagai model arsitektur yang dikembangkan oleh ISO.
6. Perbedaannya
1. Keamanan data yang dikirimkan
HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:
Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).
2. Port yang digunakan
Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.
3.Kebutuhan SSL
Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.
Wednesday, March 20, 2019
Sistem Komputer
1. Jelaskan yang dimaksud dengan perankat eksternal pada komputer !
2. Jelaskan pengertian perangkat peripheral !
3. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat eksternal !
4. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat Internal !
5. Apa perbedaan perangkat eksternal dan internal !
Jawab.
2. Jelaskan pengertian perangkat peripheral !
3. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat eksternal !
4. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat Internal !
5. Apa perbedaan perangkat eksternal dan internal !
Jawab.
1. Perangkat tambahan yang berfungsi untuk memasukan suatu input ke dalam komputer yang digunakan oleh user.
2. Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal.
3. - RAM
- hardisk
- motherboard
- cpu
- power supply
- keyboard
- mouse
- speaker
- printer
4. - ROM (Read Only Memory )
- RAM
- Cache Memory
- Harddisk
- disket
5. -Perangkat Eksternal = tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel.
Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
- Perangkat Internal = Perangkat internal adalah hardware yang berada dalam komputer.
Thursday, March 14, 2019
Auto Biografi
Nama saya Muhammad Rizqon Daffa, Lahir Di Jakarta 11 januari 2003. Saya tinggal di JL.Wijaya Kusuma 3 di kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur. Saya adalah anak terkahir dari 4 bersaudara, buah dari pasangan Supratman dan Nafiah. Nama Panggilan saya adalah daproy, Itu memang sudah nama panggilan saya dari kecil oleh teman-teman saya. Saya Mempunyai 3 abang, yang pertama bernama Sulkhi firdausya Heryudo, dan yang kedua Muhammad Wildan, dan yang ketiga Muhammad Azhar Thifal.
Saya bercita-cita sebagai Tentara Nasional Indonesia, Karena Saya pertama kali Melihat seorang tentara dengan begitu gagahnya dan berani, oleh karena itu saya ingin bercita-cita sebagai tentara. Saya mulai sekolah di SDN 04 malaka sari, dan setelah 6 tahun di sekolah dasar, saya melanjutkan belajar Di Smp 252 Jakarta Timur, saya mempunyai banyak kenangan di smp saya dana setelah lulus smp, Kini saya melanjutkan belajar di SMKN 50 Jakarta Timur, Awal nya saya ingin masuk ke sma 44, tetapi nilai tidak memadai, oleh karena itu saya masuk smk 50.
Saya Masuk Ke smk 50 mengambil jurusan Multimedia, yang ternyata jurusan yang baru dibuat di sekolah ini, dan ternyata saya mendapatkan teman-teman yang ternyata seru untuk bermain, tetapi kelas saya dianggap jelek oleh guru-guru disekolah, karena kelas kami berisik dan hanya di kelas saya yang jumlah laki-laki nya paling banyak diantara kelas lainnya. Tapi kelas saya membuktikan dengan sebuah prestasi, kelas saya menang lomba film pendek dan mendapat juara 2. Itu Membuat saya dan teman kelas saya senang sekali.
Saya Mengikuti Esktrakurikuler dalam olahraga Futsal, Karena memang dari smp saya mengikuti Ekstrakurikuler Futsal, dan sering di tunjuk untuk mengikuti sebuah Turnament Futsal, Tetapi yang saya sedihkan, saya belom pernah mengangkat piala bersama tim saya. Tetapi Itu tidak membuat saya untuk malas untuk lebih berlatih lagi.
Hampir satu sudah saya di sekolah ini, dan saya dan teman-teman saya mulai akrab dengan kelas 10 lainnya dan juga kaka kelas nya. Kaka kelas nya tidak ada yang membuat usil atau jahat kepada kami, Ternyata mereka baik dan juga lucu. Dalam semester 2 saya mengikuti seleksi badminton untuk o2sn di sekolah saya, karena saya dulu saat smp juga mengikut ekstrakurikuler badminton, dan Alhamdulillah saya dipilih dalam seleksi ini, saya berharap bisa lolos hingga Mewakili Provinsi Tempat Tinggal saya untuk mengikuti O2sn Badminton.
Saya ingin kerja setelah lulus dari Smk 50, karena ingin membahagiakan orang tua saya dan ingin memberangkatkan haji kedua orang tua saya. Dan saya berharap bisa memdapatkan pekerjaan yang bagus dan nyaman untuk saya. Tetapi pada saat ada talkshow bersama Tentara di sekolah saya, tentara itu mengucapkan kalua Tentara membuka pendaftaran di smk untuk semua jurusan, dan disaat itu saya ingin lebih semangat untuk mengejar cita-cita saya.
Semoga saya bisa lulus dari sekolah ini dan bisa mengejar cita-cita saya dan bisa membahagiakan orang tua saya Aamiin.
simulasi digital
SCHOOLOGY
Schoology adalah jejaring sosial berbasis web khusus untuk K-12 (sekolah dan lembaga pendidikan tinggi) yang difokuskan pada kerjasama, untuk memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. E-learning ini juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa di sekolah.
Kelebihan Schoology
1) Stay Connected
Guru dapat mengirim pembaharuan ke course, group serta pesan pribadi dan memberikan umpan balik pada siswa, dan mengatur acara dengan antarmuka intuitif Schoology pada perangkat mobile mereka.
2) Extend Class Time
Siswa dapat melihat pelajaran secara online, berkolaborasi dengan rekan – rekan mereka dan dapat belajar secara mandiri melalui perangkat mobile mereka yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.
3) Manage on the Go
Melalui Schoology guru dapat dengan mudah mengabsen,membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah siswa serta menilai hasil pekerjaan tersebut. Selain itu melalui Schoology guru dapat memberikan umpan balik pada siswa melaui perangkat mobile mereka.
4) Leverage iOS and Android Devices
Schoology merupakan aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis iOS maupun Android. Aplikasi ini juga memiliki pemeberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu.
kelemahan Schoology, yaitu:
1. Diperlukannya internet ketika mengakses, tidak bisa diakses secara offline.
2· Tampilan home yang kurang interaktif sehingga pengguna pertama kali mengakses akan sedikit kesulitan untuk mengenali fitur-fitur yang ada di Schoology.
3· Pengaturan bahasa yang kurang variatif, belum mendukung Bahasa Indonesia.
4· Konten pada versi mobile kurang lengkap.
5· Kurangnya fasilitas untuk siswa, jika dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas untuk Guru ataupun Pengajar.
Dan Schoology mempunyai beberapa fitur, yakni :
1. Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk
membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
2.Groups (Kelompok),
yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
3. Resources (Sumber Belajar)
Wednesday, February 27, 2019
sistem komputer yes
1.Input Device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.
A. Keyboard
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.
A. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
B. Mouse

Penunjuk (pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat dua pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
C. Webcam

Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.
D. Scanner
Scanner (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
E. Touch Screen

sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.
F. Barcode Reader

Pembaca barcode (atau barcode scanner) adalah perangkat elektronik untuk membaca barcode cetak. Seperti scanner flatbed, terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik. Selain itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit dekoder menganalisis gambar barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk output port scanner.
2. Proses Device

Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan nilai hertz atau clock cycles. Sekarang, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.Beberapa syarikat processor yang terkenal adalah Intel dan AMD.
- Peralatan Proses ( Process Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data.Peralatan proses adalah sebagai berikut:
a) Processor ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bahagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processornya semakin baik fungsi komputer tersebut.
b) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruktur dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
c) Cache memori merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
d) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak boleh diubah dan mempunyai sifat yang tetap (non-volatile). ROM mula berfungsi ketika komputer dihidupkan.Sebahagian perintah ROM ini juga dipindahkan ke dalam RAM.
e) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah (volatile). RAM mempunyai sifat sementara iaitu memori tidak dapat dibaca dalam keadaan komputer dimatikan (shutdown).
3. Output Device
Alat Keluaran (Output Device) adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan /mencetak keluaran sebagai hasil pengolahandata.Alat keluaran terdiri atas hard copy, softcopy. Alat keluaran yang termasuksoftcopy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupasuara, sedangkan alat keluaran yang berupa hardcopy memberikan keluaran berupabahan cetakan, entah berupa kertas, plastik transparan, microfilm, atau microfiche.Contoh alat keluaran adalah printer, plotter, monitor, LCD monitor, speaker, dan lain lain.
A.. Printer

Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.
B. Monitor

Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia. Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda.
C. Speaker

Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.
D. Plotter

Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, plotter digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Hal ini sekarang biasa untuk diganti seperti printer format lebar sebagai "plotters," meskipun mereka secara teknis tidak.
SEKIAN
Thursday, February 21, 2019
Cara Mengerimping Kabel Utp Jenis Cross dan Straight
Kabel Utp Cross
Kabel dengan kombinasi ini adalah diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. Contohnya dari komputer ke komputer, dari komputer ke router, dari switch ke switch dsb.
Susunan Warna Kabel Cross :
Susunan Pertama
1.Putih – hijau
2.hijau
3.Putih – orange
4.Biru
5.Putih -biru
6.orange
7.Putih – cokelat
8. cokelat
Susunan Kedua
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8.cokelat

Kabel Utp Jenis Straight
Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb.
Susunan Warna Kabel Straight :
Susunan Pertama
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8.cokelat
Susunan Kedua
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8. cokelat

1.Kupas ujung kabel sekitar 2-3 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
2. Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain , begitupun ujung kabel yang satunya.

3.Jika sudah , maka selanjutnya masukkan kabel secara serentak dan dengan warna yang di susun kedalam konecktor RJ45

4. Jika sudah lalu jepit menggunakan tang krimping untuk mengunci kabel tersebut

5. Lakukan Cara Yang Sama untuk ujung kabel selanjutnya.
Kabel dengan kombinasi ini adalah diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. Contohnya dari komputer ke komputer, dari komputer ke router, dari switch ke switch dsb.
Susunan Warna Kabel Cross :
Susunan Pertama
1.Putih – hijau
2.hijau
3.Putih – orange
4.Biru
5.Putih -biru
6.orange
7.Putih – cokelat
8. cokelat
Susunan Kedua
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8.cokelat

Kabel Utp Jenis Straight
Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb.
Susunan Warna Kabel Straight :
Susunan Pertama
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8.cokelat
Susunan Kedua
1.Putih – orange
2.Orange
3.Putih – hijau
4.Biru
5.Putih – biru
6.Hijau
7.Putih – cokelat
8. cokelat

- Mengerimping Kabel UTP Straight
1.Kupas ujung kabel sekitar 2-3 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
2. Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain , begitupun ujung kabel yang satunya.
3.Jika sudah , maka selanjutnya masukkan kabel secara serentak dan dengan warna yang di susun kedalam konecktor RJ45
4. Jika sudah lalu jepit menggunakan tang krimping untuk mengunci kabel tersebut
5. Lakukan Cara Yang Sama untuk ujung kabel selanjutnya.
- Mengerimping Kabel UTP Cross
1.Cara memasang kabel UTP tipe straight sudah saya jelaskan tadi. Sekarang saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP bisa dilihat di atas susunan kabel cross.
2. Jika semua kabel sudah terpasang , sekarang waktunya mengececk nya dengan menggunakan Lan tester ,
3. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1 atau belum.lihat gambar di bawah ini:
Pengecekan Kabel Cross
Pengecekan Kabel Straight
Sumber : http://komputerwongkito.blogspot.com/2016/04/cara-mengkrimping-kabel-cross-straight.html
Subscribe to:
Posts (Atom)
Action Script
1. Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...

-
Nama : M. Rizqon Daffa Kelas : X-Multimedia Tugas : Remedial Matematika tentang program linear bab 4 Pengertian Program Linea...
-
Definisi Array (Larik) Adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (memiliki data tipe yang sama). Hal ini b...
-
Pengertian Personal Letter Surat dalam bahasa Inggris disebut dengan Letter. Personal Letter merupakan surat tidak resmi yang ditulis untuk...