Wednesday, July 17, 2019

12 Prinsip Animasi

1. Squash And Stretch
      Prinsip ini adalah upaya untuk menambahkan efek lentur dan elastis pada suatu objek, saat objek membuat suatu gerakan tertentu, untuk benda hidup atau benda mati yang lentur, pada prinsip ini akan membuat efek lebih hidup atau elastis sesuai geraknya di dunia nyata. Dan untuk objek keras atau padat akan membuat objek tersebut benar-benar keras atau padat.


2. Anticipation
       Prinsip ini membuat suatu objek lebih hidup agar lebih terkesan tidak kaku dan memiliki ancang-ancang saat bergerak.
Image result for anticipation animation gif

3. Staging 
    Prinsip ini membuat untuk mendukung suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
Image result for staging animation gif


4. Straight Ahead And Pose To Pose
   A. Straight Ahead
        Prinsip inin membuat animasi terlihat lebih konsisten, namun sangat melelahkan karena hanya dikerjakan oleh satu orang

  B. Pose To Pose
       Prinsip ini membuat animasi secara bersama-sama dalam suatu kelompok dengan membuat animasi hanya pada frame-frame tertentu.
Image result for Straight Ahead And Pose To Pose animation gif

5. Follow Through And Overlapping Action
    A. Follow Through
         Prinsip ini membuat suatu gerakan tubuh bagian tertentu dari objek yang tetap bergerak meski objek tersebut berhenti bergerak. 

    B. Overlapping Action
         suatu gerakan rangkaian yang saling mendahului, seperti tangan dan kaki 

Related image


6. Slow In And Slow Out
    Prinsip ini adalah suatu gerakan yang harus ada cepat atau lambat dalam suatu gerakan.
Image result for Slow In And Slow Out gif

7. Archs
    Dalam pembuatan animasi, suatu pergerkaran tubuh figure atau karakter termasuk juga pada makhuk hidup lainnya seperti binatang, memiliki pola atau jalur pergerakan yang disebut Archs. Biasanya pola pergerakannya berbentuk melengkung 
Image result for arcs animation


8. Secondary Action
     Prinsip ini menjelaskan bahwa suatu pergerakan tidak hanya tubuh yang bergerak.
Image result for secondary action animation gif

9. Timing
    Prinsip ini menentukan banyak nya gambar dalam frame dalam suatu gerakan animasi, semakin banyak gambar yang di buat maka akan semakin panjang animasinya.
Image result for timing animation gif

10. Exaggeration
      Prinsip ini adalah untuk mendramatisir suatu ekspresi figur atau karakter dalam suatu animasi.
Image result for Exaggeration animation gif

11. Appeal
      Prinsip ini sangat berkaitan dengan style atau gaya dari gambar animasi.
Image result for appeal animation gif

12. Solid Drawing 
       kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle/ sudut pandang sehingga karakter bisa terlihat lebih hidup dan bervolume. 
Image result for solid drawing


No comments:

Post a Comment

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...