Prinsip ini adalah upaya untuk menambahkan efek lentur dan elastis pada suatu objek, saat objek membuat suatu gerakan tertentu, untuk benda hidup atau benda mati yang lentur, pada prinsip ini akan membuat efek lebih hidup atau elastis sesuai geraknya di dunia nyata. Dan untuk objek keras atau padat akan membuat objek tersebut benar-benar keras atau padat.
2. Anticipation
Prinsip ini membuat suatu objek lebih hidup agar lebih terkesan tidak kaku dan memiliki ancang-ancang saat bergerak.
3. Staging
Prinsip ini membuat untuk mendukung suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
4. Straight Ahead And Pose To Pose
A. Straight Ahead
Prinsip inin membuat animasi terlihat lebih konsisten, namun sangat melelahkan karena hanya dikerjakan oleh satu orang
B. Pose To Pose
Prinsip ini membuat animasi secara bersama-sama dalam suatu kelompok dengan membuat animasi hanya pada frame-frame tertentu.
5. Follow Through And Overlapping Action
A. Follow Through
Prinsip ini membuat suatu gerakan tubuh bagian tertentu dari objek yang tetap bergerak meski objek tersebut berhenti bergerak.
B. Overlapping Action
suatu gerakan rangkaian yang saling mendahului, seperti tangan dan kaki
6. Slow In And Slow Out
Prinsip ini adalah suatu gerakan yang harus ada cepat atau lambat dalam suatu gerakan.
7. Archs
Dalam pembuatan animasi, suatu pergerkaran tubuh figure atau karakter termasuk juga pada makhuk hidup lainnya seperti binatang, memiliki pola atau jalur pergerakan yang disebut Archs. Biasanya pola pergerakannya berbentuk melengkung
8. Secondary Action
Prinsip ini menjelaskan bahwa suatu pergerakan tidak hanya tubuh yang bergerak.
9. Timing
Prinsip ini menentukan banyak nya gambar dalam frame dalam suatu gerakan animasi, semakin banyak gambar yang di buat maka akan semakin panjang animasinya.
10. Exaggeration
Prinsip ini adalah untuk mendramatisir suatu ekspresi figur atau karakter dalam suatu animasi.
11. Appeal
Prinsip ini sangat berkaitan dengan style atau gaya dari gambar animasi.
12. Solid Drawing
kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle/ sudut pandang sehingga karakter bisa terlihat lebih hidup dan bervolume.
No comments:
Post a Comment