Wednesday, July 17, 2019

12 Prinsip Animasi

1. Squash And Stretch
      Prinsip ini adalah upaya untuk menambahkan efek lentur dan elastis pada suatu objek, saat objek membuat suatu gerakan tertentu, untuk benda hidup atau benda mati yang lentur, pada prinsip ini akan membuat efek lebih hidup atau elastis sesuai geraknya di dunia nyata. Dan untuk objek keras atau padat akan membuat objek tersebut benar-benar keras atau padat.


2. Anticipation
       Prinsip ini membuat suatu objek lebih hidup agar lebih terkesan tidak kaku dan memiliki ancang-ancang saat bergerak.
Image result for anticipation animation gif

3. Staging 
    Prinsip ini membuat untuk mendukung suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
Image result for staging animation gif


4. Straight Ahead And Pose To Pose
   A. Straight Ahead
        Prinsip inin membuat animasi terlihat lebih konsisten, namun sangat melelahkan karena hanya dikerjakan oleh satu orang

  B. Pose To Pose
       Prinsip ini membuat animasi secara bersama-sama dalam suatu kelompok dengan membuat animasi hanya pada frame-frame tertentu.
Image result for Straight Ahead And Pose To Pose animation gif

5. Follow Through And Overlapping Action
    A. Follow Through
         Prinsip ini membuat suatu gerakan tubuh bagian tertentu dari objek yang tetap bergerak meski objek tersebut berhenti bergerak. 

    B. Overlapping Action
         suatu gerakan rangkaian yang saling mendahului, seperti tangan dan kaki 

Related image


6. Slow In And Slow Out
    Prinsip ini adalah suatu gerakan yang harus ada cepat atau lambat dalam suatu gerakan.
Image result for Slow In And Slow Out gif

7. Archs
    Dalam pembuatan animasi, suatu pergerkaran tubuh figure atau karakter termasuk juga pada makhuk hidup lainnya seperti binatang, memiliki pola atau jalur pergerakan yang disebut Archs. Biasanya pola pergerakannya berbentuk melengkung 
Image result for arcs animation


8. Secondary Action
     Prinsip ini menjelaskan bahwa suatu pergerakan tidak hanya tubuh yang bergerak.
Image result for secondary action animation gif

9. Timing
    Prinsip ini menentukan banyak nya gambar dalam frame dalam suatu gerakan animasi, semakin banyak gambar yang di buat maka akan semakin panjang animasinya.
Image result for timing animation gif

10. Exaggeration
      Prinsip ini adalah untuk mendramatisir suatu ekspresi figur atau karakter dalam suatu animasi.
Image result for Exaggeration animation gif

11. Appeal
      Prinsip ini sangat berkaitan dengan style atau gaya dari gambar animasi.
Image result for appeal animation gif

12. Solid Drawing 
       kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle/ sudut pandang sehingga karakter bisa terlihat lebih hidup dan bervolume. 
Image result for solid drawing


Monday, July 15, 2019

Perbedaan Dasar Desain Grafis dan Desain Grafis Percetakan


  • Dasar Desain Grafis :

    Sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual yang tercipta diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal.



  • Desain Grafis Percetakan :
    Merupakan sebuah kreatifitas yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain produk, desain industri, dan lain".



  • Perbedaan desain grafis dan desain grafis percetakan
 
desain grafis melibatkanapa saja , tetapi desan grafis percetakan berkaitan dengan industri dan lain".

Monday, April 29, 2019

pemrograman dasar

1. apakah yang dimaksud dengan aplikasi ?
2. apakah yang dimaksud dengan software ?
3. apakah hubungannya software dan aplikasi ?
4. bagaimanakah cara membuat aplikasi ?
5. apakah software dan aplikasi berhubungan dengan program & pemrograman ? Jelaskan.

Jawab.

1. aplikasi adalah suatu perangkat lunak komputer yang punya kemampuan komputer langsung buat   membuat suatu tugas yang diinginkan pengguna.

2. software adalah istilah khusus buat data yang di format, disimpan dengan cara digital, termasuk   program komputer, dokumentasinya, dan bermacam informasi yang bisa dibaca.

3. Aplikasi punya bagian software untuk menjalankan aplikasi, jadi software dan aplikasi berhubungan satu sama lain.

4. membuat aplikasi mempunyai cara yaitu,
   - Merancang interface terlebih dahulu
   - Tulis kode program nya
   - Menggabungkan kode program
   - Membangun program

5. saling berhubungan, karena program adalah software yang dibuat seseorang, sedangkan pemrograman adalah cara-cara nya  yang untuk membuat program

Wednesday, April 17, 2019

Komputer Dan Jaringan Dasar

1. apakah yang dimaksud dengan Telnet ?
2. apakah yang dimaksud SSH ?
3. jelaskan kelebihan dan kekurangan TCP/IP ?
4. sebutkan protocol apa saja yang ada pada osi layer ?
5. Bagaimanakah implementasi pada protocol OSI ?
6. sebutkan perbedaan antara dengan http dengan https ?

jawab :

1. Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada     Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi   dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

2. SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang   memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih   aman

3. Kelebihan :
1.Memiliki mekanisme pengiriman data yang handal dan efisien.
2. Bersifat open platform atau platform independent yaitu tidak terikat oleh jenis perangkat keras     atau perangkat lunak tertentu.
3. Karena sifatnya yang terbuka, TCP/IP bisa mengirimkan data antara sistem-sistem komputer yang   berbeda yang menjalankan pada sistem-sistem operasi yang berbeda pula.
4. TCP/IP terpisah dari perangkat keras yang mendasarinya. Protokol ini dapat dijalankan pada   jaringan Ethernet, Token ring, X.25, dan bahkan melalui sambungan telepon.

Kekurangan :
1. Jika mengirimkan data yang kecil akan kerepotan karena harus handshaking   dulu,sehingga lebih   lambat daripada UDP.
2. Tidak bisa broadcast, soalnya TCP ini sifatnya one to one, jadi ya kalau mau kirim satu-satu gitu.

4. - Application
    - Presentation
    - Session
    - Transport
    - Network
    - Data Link
    - physical

5.  Tujuh lapisan memberikan layanan kepada lapisan yang berada diatasnya.Misal lapisan 1 memberi layanan terhadap lapisan 2.Masing-masing lapisan memiliki protokol.Protokol adalah aturan suatu "percakapan"yang dapat dilakukan.Protokol mendefinisikan format,urutan pesan yang dikirim dan diterima antar sistem pada jaringan dan melakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan.OSI atau open system interconnection hadir sebagai model arsitektur yang dikembangkan oleh ISO.

6. Perbedaannya

1. Keamanan data yang dikirimkan
HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.

Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.

Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

2. Port yang digunakan
  Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS     menggunakan port 443.

3.Kebutuhan SSL
Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.

Wednesday, March 20, 2019

Sistem Komputer

1. Jelaskan yang dimaksud dengan perankat eksternal pada komputer !
2. Jelaskan pengertian perangkat peripheral !
3. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat eksternal !
4. Sebutkan apa sajakah yang termasuk perangkat Internal !
5. Apa perbedaan perangkat eksternal dan internal !

Jawab.

1. Perangkat tambahan yang berfungsi untuk memasukan suatu input ke dalam komputer yang     digunakan oleh user.
2. Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal.

3. - RAM
    - hardisk
    - motherboard
    - cpu 
    - power supply
    - keyboard
    - mouse
    - speaker
    - printer

4. - ROM (Read Only Memory )
    - RAM
    - Cache Memory 
    - Harddisk
    - disket

5. -Perangkat Eksternal = tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel.
 Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh   hardware yang sudah terpasang didalam casing.

   - Perangkat Internal = Perangkat internal adalah hardware yang berada dalam komputer.

Thursday, March 14, 2019

Auto Biografi

Nama saya Muhammad Rizqon Daffa, Lahir Di Jakarta 11 januari 2003. Saya tinggal di JL.Wijaya Kusuma 3 di kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur. Saya adalah anak terkahir dari 4 bersaudara, buah dari pasangan Supratman dan Nafiah. Nama Panggilan saya adalah daproy, Itu memang sudah nama panggilan saya dari kecil oleh teman-teman saya. Saya Mempunyai 3 abang, yang pertama bernama Sulkhi firdausya Heryudo, dan yang kedua Muhammad Wildan, dan yang ketiga Muhammad Azhar Thifal. 

Saya bercita-cita sebagai Tentara Nasional Indonesia, Karena Saya pertama kali Melihat seorang tentara dengan begitu gagahnya dan berani, oleh karena itu saya ingin bercita-cita sebagai tentara. Saya mulai sekolah di SDN 04 malaka sari, dan setelah 6 tahun di sekolah dasar, saya melanjutkan belajar Di Smp 252 Jakarta Timur, saya mempunyai banyak kenangan di smp saya dana setelah lulus smp, Kini saya melanjutkan belajar di SMKN 50 Jakarta Timur, Awal nya saya ingin masuk ke sma 44, tetapi nilai tidak memadai, oleh karena itu saya masuk smk 50.

Saya Masuk Ke smk 50 mengambil jurusan Multimedia, yang ternyata jurusan yang baru dibuat di sekolah ini, dan ternyata saya mendapatkan teman-teman yang ternyata seru untuk bermain, tetapi kelas saya dianggap jelek oleh guru-guru disekolah, karena kelas kami berisik dan hanya di kelas saya yang jumlah laki-laki nya paling banyak diantara kelas lainnya. Tapi kelas saya membuktikan dengan sebuah prestasi, kelas saya menang lomba film pendek dan mendapat juara 2. Itu Membuat saya dan teman kelas saya senang sekali.

Saya Mengikuti Esktrakurikuler dalam olahraga Futsal, Karena memang dari smp saya mengikuti Ekstrakurikuler Futsal, dan sering di tunjuk untuk mengikuti sebuah Turnament Futsal, Tetapi yang saya sedihkan, saya belom pernah mengangkat piala bersama tim saya. Tetapi Itu tidak membuat saya untuk malas untuk lebih berlatih lagi. 

Hampir satu sudah saya di sekolah ini, dan saya dan teman-teman saya mulai akrab dengan kelas 10 lainnya dan juga kaka kelas nya. Kaka kelas nya tidak ada yang membuat usil atau jahat kepada kami, Ternyata mereka baik dan juga lucu. Dalam semester 2 saya mengikuti seleksi badminton untuk o2sn di sekolah saya, karena saya dulu saat smp juga mengikut ekstrakurikuler badminton, dan Alhamdulillah saya dipilih dalam seleksi ini, saya berharap bisa  lolos hingga Mewakili Provinsi Tempat Tinggal saya untuk mengikuti O2sn Badminton.

Saya ingin kerja setelah lulus dari Smk 50, karena ingin membahagiakan orang tua saya dan ingin memberangkatkan haji kedua orang tua saya. Dan saya berharap bisa memdapatkan pekerjaan yang bagus dan nyaman untuk saya. Tetapi pada saat ada talkshow bersama Tentara di sekolah saya, tentara itu mengucapkan kalua Tentara membuka pendaftaran di smk untuk semua jurusan, dan disaat itu saya ingin lebih semangat untuk mengejar cita-cita saya.

Semoga saya bisa lulus dari sekolah ini dan bisa mengejar cita-cita saya dan bisa membahagiakan orang tua saya Aamiin.

simulasi digital

SCHOOLOGY


         Schoology adalah jejaring sosial berbasis web khusus untuk K-12 (sekolah dan lembaga pendidikan tinggi) yang difokuskan pada kerjasama, untuk memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. E-learning ini juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa di sekolah.

Kelebihan Schoology
1) Stay Connected 
Guru dapat mengirim pembaharuan ke course, group serta pesan pribadi dan memberikan umpan balik pada siswa, dan mengatur acara dengan antarmuka intuitif Schoology pada perangkat mobile mereka.

2) Extend Class Time
Siswa dapat melihat pelajaran secara online, berkolaborasi dengan rekan – rekan mereka dan dapat belajar secara mandiri melalui perangkat mobile mereka yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

3) Manage on the Go
Melalui Schoology guru dapat dengan mudah mengabsen,membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah siswa serta menilai hasil pekerjaan tersebut. Selain itu melalui Schoology guru dapat memberikan umpan balik pada siswa melaui perangkat mobile mereka.

4) Leverage iOS and Android Devices
Schoology merupakan aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis iOS maupun Android. Aplikasi ini juga memiliki pemeberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu.


kelemahan Schoology, yaitu:
1. Diperlukannya internet ketika mengakses, tidak bisa diakses secara offline.
2· Tampilan home yang kurang interaktif sehingga pengguna pertama kali mengakses akan sedikit     kesulitan untuk mengenali fitur-fitur yang ada di Schoology.
3· Pengaturan bahasa yang kurang variatif, belum mendukung Bahasa Indonesia.
4· Konten pada versi mobile kurang lengkap.
5· Kurangnya fasilitas untuk siswa, jika dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas untuk Guru ataupun Pengajar.


Dan Schoology mempunyai beberapa fitur, yakni :

1. Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk
    membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya.           Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle

2.Groups (Kelompok),
 yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.

3. Resources (Sumber Belajar)

Action Script

 1.  Apa yang dimaksud dengan Action Script Action Script adalah bahasa pemograman yang dibuat berdasarkan ECMASCRIPT, yang digunakan dalam...